Rabu, 11 Maret 2015

Cara Uji Reliabilitas SPSS

Jasa skripsi dan team olah spss akan membahas ara uji realibilitas. Uji Reliabilitas SPSS digunakan untuk apa?  Uji reliabilitas digunakan untuk mengetahui konsistensi alat ukur, apakah alat pengukur yang digunakan dapat diandalkan dan tetap konsisten jika pengukuran tersebut diulang. Ada beberapa metode pengujian reliabilitas di antaranya metode tes ulang, formula belah dua dari Spearman-Brown, formula Rulon, formula Flanagan, Cronbach's Alfa, metode formula KR-20, KR-21, dan metoda Anova Hoyt. Pada SPSS uji yang sering digunkan pada penelitian menggunakan metode Alpha (cronbach's). Metode Alpha sangat cocok digunakan pada skor berbentuk skala dan skor rentangan, ataupun metode dikotomi dan akan menghasilkan perhitungan yang setara dengan menggunakan metode KR-20 dan Anova Hoyt.

Uji signifikansi dilakukan pada taraf signifikansi 0,05, artinya instrumen dapat dikatakan reliabel bila nilai Aplha lebih besar dari r kritis product moment. Atau bisa digunakan batasan 0,6. Menurut Skaran (1992) reliabilitas kurang dari 0,6 adalah kurang baik, sedangkan 0,7 dapat diterima dan 0,8 adalah baik.

- Cara melakukan Uji Reliabilitas pada SPSS
  • Input data item 1 sampai n.
  • Klik Analize - scale - Reliability Analysis.
  • Klik item yang tidak gugur dan masukkan ke kotak items. Jika item-item sudah berada dikotak items maka klik item yang gugur dan keluarkan dengan simbol arah.
  • Klik statistics, pada Descriptives for klik scale if item deleted.
  • klik Continue.
  • Klik ok.
Dari hasil analisis tersebut akan didapat nilai alpha. Kemudian dilihat nilai r kritis (uji 2 sisi) pada signifikansi 0,05 dengan jumlah data n. Jika nilainya lebih dari 0,05 maka dapat disimpulkan instrumen penelitian tersebut reliabel.

Jika anda bingung dan memerlukan solusi tuntas bantuan kami bisa lihat label Olah SPSS Biaya dan Jasa Statistik
Back to Home

Sumber pustaka diolah :
-Mandiri Belajar SPSS, Dwi Priyatno (2008)
- Solusi Express SPSS 15, Getut Pramesti (2008)
- Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Stanislaus Uyanto PhD (2009)
- Cara Mudah melakukan Analisa Statistik Dengan SPSS. Teguh W (2004)
- Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Prof Imam Ghozali (2005)

Related Post